Sejarah dan Asal-Usul Kabupaten Kudus

Kudus merupakan kota Kabupaten di Propinsi Jawa Tengah. selain mendapat julukan sebagai kota kretek, Kudus juga dikenal dengan sebutan kota wali, dimana ada 2 wali songo yang menyiarkan agama di kota itu. Salah satu yang menjadi kebanggaan kota kudus adalah masjid peninggalan dari Sunan Kudus yaitu Masjd Al Aqsa atau biasa di sebut Masjd Menara Kudus.

kota kudus, menara kudus, al aqsa kudus, masjd menara kudus, kudus kota santri, masjid agung
Masjid Al Aqsa - Menara Kudus
Nama "Kudus" itu sendiri berasal dari bahasa arab yaitu Al Quds yang berarti suci. Sebelum nama kudus diberikan oleh Jafar Shodiq (Sunan Kudus) dahulu kala bernama Tajug yaitu sebuah kota kecil di pulau Muria, tepatnya di sekitaran kali Gelis kudus. Tajug itu sendiri merupakan atap tradisional tempat bersembahyangnya umat hindu yang banyak terdapat di daerah tersebut. Kota ini dianggap sebagai kota suci bagi warga setempat yang beragana hindu.

Setelah masuknya Islam ke tanah jawa, salah satu Wali Songo yang bernama Jafar Shodiq yang dikenal dengan Nama Sunan Kudus menyiarkan agama islam di daerah tersebut, maka Jafar Shodiq memberi nama Kudus dengan maksud tidak menghilangkan makna kesucian dan kekeramatan kota Tajug. Itulah sekilas cerita sejarah dan asal-usul kabupaten kudus.