7 Tempat Wisata Di Kudus Yang Wajib Anda Kunjungi di Liburan Sekolah

7 Tempat Wisata Di Kudus Yang Wajib Anda Kunjungi di Liburan Sekolah - KOTA KUDUS, apa yang terlintas pertama kali bila mendengan nama Kota Kudus, pastinya kudus terkenal dengan nama kota kretek juga kota wali, karena ada 2 makam wali songo di kota tersebut juga tak ketinggalan kulinernya. Sebelumnya sudah saya bahas tentang sejarah kudus sebagai kota kretek, saat ini kita ulas tentang tempat wisata yang sedang hits di kota kudus.

Kudus merupakan kota kecil di Wilayah utara propinsi Jawa Tengah, tepatnya di jalur pantai timur laut Jawa tengah antara kota Semarang dengan kota Surabaya. Kota ini berjarak 51 km  dari timur laut kota Semarang.  Kudus merupakan kota satu-satunya di wilayah pantura Jawa Tengah yang tidak meliliki laut, tapi di balik itu kudus menyimpan pesona wisata alam yang luar biasa sampai nge-hits di wilayah tersebut.

Dibawah ini adalah beberapa Destinasi Wisata di kota kudus


1. Masjid Menara Kudus



tempat wisata dikudus, wisata di kudus, menara pisang, gambar menara pisang, colo kudus, makan sunan muria, ziarah di kudus, wisata kudus
masjid menara kudus, via dianese_


Masjid Menara Kudus merupakan sebuah peninggalan bersejarah dari salah satu Wali Songo yaitu Sunan Kudus dalam menyiarkan ajaran agama Islam pada daerah Jawa Tengah. Masjid Menara Kudus ini masih lestari dan telah menjadi kebanggaan Kota Kudus. Yang menjadi keliru salah satu tujuan wisata religi di Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Kudus.


2. Kawasan Wisata Colo Kudus


tempat wisata dikudus, wisata di kudus, menara pisang, gambar menara pisang, colo kudus, makan sunan muria, ziarah di kudus, wisata kudus

Saat berwisata di desa wisata colo kecamatan dawe ini Anda bukan hanya menemukan pengalaman wisata religi atau berziarah saja, Tetapi akan tetapi ketika Anda berkunjung, Anda bisa menikmati pesona pemandangan alam menurut pada desa wisata colo menggunakan melakukan bepergian mendaki buat menikmati indahnya pegunungan berdasarkan muria.

3. Air Terjun Montel Colo 




Obyek wisata Air Terjun Montel terletak di sebelah utara Makam Sunan Muria, tepatnya di kaki Gunung Muria dengan puncaknya Songolikur (± 1.602 meter). Air Terjun Montel memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 50 m dengan memiliki suhu sekitar berkisar 18-20 derajat Celsius sehingga menjadikan udaranya sangat sejuk.

4. Menara Pisang


tempat wisata dikudus, wisata di kudus, menara pisang, gambar menara pisang, colo kudus, makan sunan muria, ziarah di kudus, wisata kudus
Menara Pisang

Menara Pisang yang lagi naik daun di media sosial ini ternyata berada di kawasan Wisata Outbound dan Perkemahan Taman Sardi. Kawasan Wisata Taman Sardi adalah sebuah wisata alam yg mempunyai panorama pemandangan yg latif dan pada Taman Sardi juga pengunjung dapat menikmati outbound yg seru bersama keluarga maupun sahabat.


5. Museum Kretek Kudus


tempat wisata dikudus, wisata di kudus, menara pisang, gambar menara pisang, colo kudus, makan sunan muria, ziarah di kudus, wisata kudus
Museum Kretek Kudus


Sebagaimana museum pada umumnya, Museum Kretek juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, penelitian, dan rekreasi. Di tempat ini, dipaparkan informasi mengenai sejarah rokok kretek yang memang dimulai di Kudus, dan juga mengenai tokoh-tokoh yang berjasa di dalam perkembangan industri rokok kretek di Indonesia. Bisa dikatakan kalau museum ini sebagai tempat rekonstruksi sejarah rokok kretek dari generation tradisional hingga era contemporary.

Museum Kretek yang berada di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ini, diresmikan pada tanggal 3 Oktober 1986 oleh Soepardjo Roestam yang saat itu menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. Dengan keberadaan Museum Kretek, generasi muda diharapkan bisa belajar untuk memiliki jiwa kewirausahaan yang mandiri dan tangguh. Selain bangunan museum, di atas areal seluas 2,5 hektare ini terdapat juga rumah adat Kudus.

Di tempat ini, pengunjung bisa melihat berbagai peralatan tradisional untuk membuat rokok kretek dan klobot, juga sarana-sarana promosi yang digunakan pada masa itu. Ada juga diorama yang menggambarkan mulai dari proses penanaman bahan baku (tembakau, cengkeh, dan klobot jagung) hingga pengolahannya menjadi rokok kretek dan klobot dengan cara tradisional dan modern. Museum beroperasi pukul 09.00–15.00 WIB, dengan tiket masuk seharga Rp 1.500,-

6. Desa Wisata Rahtawu


tempat wisata dikudus, wisata di kudus, menara pisang, gambar menara pisang, colo kudus, makan sunan muria, ziarah di kudus, wisata kudus

Desa Wisata Rahtawu berada di daerah paling atas dari Kecamatan Gebog, Kudus Jawa Tengah. Disini terdiri dari sebuah lembah hijau yang dikelilingi dengan bukit-bukit terjal. Untuk menuju ke desa tersebut maka Anda memerlukan waktu yang tidak begitu lama yakni sekitar 30 menit dari pusat kota Kudus.

Akses jalan untuk menuju lokasi Desa Wisata ini juga telah memiliki aspal yang cukup mulus. Nah jadi apabila Anda ingin berwisata alam di Desa Wisata Rahtawu Kudus ini tidak perlu takut merasa mual akibat jalan yang jelek. Anda juga dapat memanfaatkan GPS untuk menemukan lokasi wisata yang menyimpan wisata alam. Tempat wisata tersebut seperti halnya dengan pemandian alam,  Puncak pendakian, Air Terjun dan juga tempat-tempat pertapaan para leluhur.

7. Gray Canyon Kudus

Gray Canyon Kudus Via Instagram

Banyak orang yang menganggap bahwa daerah pegunungan merupakan daerah yang identik dengan sesuatu yang terbelakang atau primitive kebudayaannya. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk daerah Kudus. Walaupun notabene merupakan daerah pegunungan, tapi Kudus telah menyimpan sejuta keindahan yang mahal harganya. Salah satu tempat paling hist di Kudus yaitu Gray Canyon Kudus.

Keindahan tersebut terpancar dari banyaknya tempat wisata alam yang menghiasi di daerah Kudus. Mulai dari wisata alam pegunungan, air terjun, sungai, telaga, goa, makan wali, dan lain sebagainya.

Salah satu dari berjuta-juta keindahan tersebut adalah sebuah tempat yang akhir-akhir ini mulai marak banyak dikunjungi terutama oleh masyarakat lokal. Kebanyakan orang menyebut tempat tersebut dengan sebutan Gray Canyon Kudus. Objek ini sebagai salah satu tempat wisata yang menjadi ikon wisata terlaris di kawasan daerah Kudus. Kawasan ini memiliki keindahan yang setara dengan “Brown Canyon” yang ada di Semarang yang sedang ramai dibicarakan karena cukup bagus untuk selfie atau sekedar berfoto bersama-sama.